Rabu, 10 Oktober 2012

Pengantar Sistem Informasi Berbasis Komputer

Pengantar
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. dan perhatian pada topik ini bersumbeer dari dua pengaruh. Pertama, bisnis telah menjadi semakin rumit, dan kedua, komputer telah mencapai kemapuan yang semakin baik.

Jenis-Jenis Sumber Daya Utama

Manajer mengelola lima jenis sumber daya manusia utama:
-Manusia
-Material
-Mesin (termaasuk fasilitas dan energi)
-Uang
-Informasi (termasuk data)

Manajemen Sumber Daya

Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan. Sangat sering proses penyusunan membutuhkan pengubahan suatu bahan mentah menjadi bentuk ynag lebih halus,seperti pelatihan pegawai atau konstruksi suatu bagian mesin yang khusus.

Perhatian pada Manajemen Informasi

Ada beberapa macam perhatian pada manajemen informasi, antara lain adalah:
-Meningkatnya kerumitan kegiatan bisnis
-Penngaruh ekonomi internasional
-Persaingan Dunia
-Meningkatnya kerumitan teknologi
-Batas waktu yang semakin singkat
-Kendala-kendala sosial

Suatu Model Sistem Informasi Berbasis Komputer


Manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah, dan informasi digunakan dalam membuat keputusan.Informasi disajikan dalam bentuk lisan maupun tertulis oleh suatu pengolah informasi.Porsi komputer dalam pengolah informasi terdiri dari bidang aplikasi berbasis komputer-SIA,SIM,DSS, kantor virtual, dan sistem berbasis pengetahuan.

Suatu Contoh Sistem Informasi Manajemen


Divisi pemasaran sebuah perusahaan asuransi jiwa di San Antonio, Texas, menggunakan suatu sistem informasi yang terdiri dari satu buku kumpulan printout komputer yang disiapkan tiap bulan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar