Kamis, 11 Oktober 2012

Pengguna Komputer di Pasar Internasional

Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional (multinational corporation), atau MNC, adalah perusahaan yang beroprasi melintasi berbagai produk, pasar, bangsa, dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak perusahaan.

Jenis-jenis Struktur Organisasi MNC

Ada beberapa macam jenis struktur organisasi MNC,antara lain:
-Divisi Fungsional Sedunia
-Divisi Internasional
-Wilayah Geografis
-Divisi Produk Sedunia

Perlunya Koordinasi dalam MNC

Koordinasi merupakan kunci mencapai keunggulan kompetitif dalam pasar global. Perusahaan yang tidak mampu mendapatkan kontrol strategis atas operasi sedunia mereka dan mengelolanya dengan koordinasi global tidak akan berhasil dalam pesatnya ekonomi internasional.
Keuntungan koordinasinya adalah:
-Fleksibilitas dalam memberi respon terhadap pesaing di berbagai negara dan pasar
-Kemampuan memberi respon di suatu negara, atau wilayah suatu negara, terhadap perubahan di negara atau wilayah lain
-Kemampuan mengikuti kebutuhan pasar di seluruh dunia
-Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit-unit di berbagai negara
-Pengurangan keseluruhan biaya operasi
-Peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan
-Keampuan mencapai dan mempertahankan keragaman produk perusahaan serta cara produksi dan distribusinya

Strategi Bisnis Global

Bagi sebagian MNC , masuk kepasar internasional merupakan suatu petualangan baru. Bagi yang lainnya, hanya meneruskan filosofi manajemen yang telah mempengaruhi perusahaan semenjak keberadaannya.

Strategi Multinasional

Strategi multinasional mungkin merupakan strategi yang paling tua, karena telah diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang berbasis di eriopa sejak sebelum Perang Dunia II.

Strategi Global

Sementara strategi multinasional bersifat desentralisasi, strategi global mengumpulkan pengendalian di perusahaan induk.

Strategi Internasional

Strategi internasional merupakan perpaduan sentralisasi pengendalian dari strategi global dan desentralisasi pengendalian dari strategi multinasional.

Strategi Transnasional

Strategi ini menjadi populer di tahun 1980-an ketika perusahaan-perusahaan menyadari bahwa mereka perlu lebih responsif pada tingkat anak perusahaan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar